Setan, Banteng, dan Suropati

selama beberapa bulan belakangan ini, saya sering mengunjungi tiga tempat: Setan, Banteng, dan Suropati

Entah mengapa instansi yang disebut bendahara negara ini kerap disebut setan. Julukan setan diciptakan wartawan ekonomi makro yang  ngepos di Kementerian Keuangan. Konon, lambang gedung Dhanapala -gedungnya kemenkeu- memang menyerupai tanduk setan.

Sementara banteng adalah sebutan untuk gedung di seberang setan yaitu Gedung AA Maramis-Kementerian Koordinator Perekonomian. Disebut “banteng” karena posisinya memang berada di depan lapangan Banteng, Jakarta. Kode panggilan untuk Menko Perekonomian juga identik : “bantengsatu

Setan dan Banteng dikuasai oleh segerombolan wartawan yang menurut saya cerdas. Mereka kompak, tekun, dan pada umumnya sangat menguasai topik. Kebanyakan dari para wartawan banteng ini sudah lama menekuni bidang ekonomi makro. Jelas, mereka semua terlihat handal. Beberapa wartawan di sana juga melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi. Pagi sampai maghrib mereka liputan, malamnya kuliah. Mereka memang senior. Tetapi mereka tidak pelit membagi ilmunya. Tanya apa saja, pasti berusaha dijawab. Banyak pula yang terlihat rajin menulis berita. Berita yang diolah harus selalu dicocokkan dengan data-data. Tas mereka selalu terlihat gemuk, karena dijejali kertas-kertas nota keuangan atau buku-buku yang berisi infografis.

“Utamakan rekaman. Kamu jangan percaya transkrip orang lain. Cocokan dengan data yang akurat. Dan jangan takut mengetuk pintu-pintu pejabat untuk wawancara,” begitu kata salah satu dari mereka.

Sementara Suropati, tempat yang paling sering saya kunjungi. Suropati atau Posko adalah sebutan untuk Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Saya selalu berada di sana walau kadang tidak mendapat berita apapun. Terletak persis di depan taman suropati, kementerian itu serasa rumah kedua. Di sana tidak banyak wartawan, tetapi selalu banyak cerita.

Saya yakin, saya akan banyak belajar dari ketiga tempat itu…

Image

…termasuk soal persahabatan… 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s