Serunya Menjelajah Tiga Curug: Priuk, Naga, dan Barong!

Bersiap Menjelajah

Bagi kawans yang suka trekking, main air, dan cukup berani menghadapi medan terjal, ada wisata menarik di kawasan MegaMendung, Bogor yang terkenal dengan sebutan Wisata Curug Naga. Ada tiga curug cantik di kawasan ini yang bisa kita jelajahi sekaligus dan akan menjadi pengalaman menarik untuk sekedar one-day trip kala ingin melepas diri dari rutinitas.

Tidak seperti curug terkenal lainnya di kawasan Bogor, berwisata di curug ini harus ditemani oleh guide. Ini karena medan yang ditempuh cukup panjang dan terjal. Jika tidak didampingi mereka yang pro, trek yang licin membuat kita rawan terpeleset dan bisa terseret arus yang sangat deras.

Pagi itu, Sabtu 31 Juli 2016. Saya, bersama tiga kembaran dan empat teman lainnya berkesempatan menjelajah Curug Naga. Karena tidak ingin repot, kami menggunakan jasa wahanacurugnaga.com, karena situs ini muncul di pencarian pertama google dan terlihat profesional. Untuk jelajah tiga curug, kami membayar Rp 135.000 per orang.

Harga ini sudah termasuk seluruh peralatan keamanan dan dua orang guide yang akan mengawal kami berdelapan. Jika ingin langsung ke Curug tanpa reservasi juga bisa. Saya juga baru tahu, ternyata kita bisa menggunakan jasa guide lokal yang harganya lebih murah.

Kami wajib mengenakan helm dan jaket pelampung. Saya awalnya risih dan bertanya-tanya kenapa harus pakai peralatan keamanan yang agak ribet seperti ini. Ternyata memang di jelajah curug ini kita bisa mendapat paket komplit. Kita bisa free falling, body rafting, dan river trekking sekaligus. Sehingga, pelampung dan helm merupakan prosedur standar untuk meminimalisir kecelakaan.

Treknya
Seperti ini nih treknya

Jalur

Kami tiba cukup siang, sekitar pukul 12. Setelah mengenakan perlengkapan keamanan, kami mulai trekking. FYI, jelajah tiga curug ini memakan waktu sekitar 4 jam. Kami trekking ke curug yang paling atas, yaitu Curug Priuk sekitar 30 menit. Treknya tanah merah, tapi tidak susah kok. Sampai di Curug Priuk, ada sedikit river trekking. Lalu, ada spot di mana kita harus terjun bebas dari ketinggian sekitar 3 meter.

img-20160906-wa0022

img-20160906-wa0046

img-20160906-wa0042
Habis lompat

Nah, inilah yang harus diperhatikan. Untuk bisa menjelajah curug ini, kita harus siap mental untuk berani terjun. Karena setahu saya, satu-satunya jalan untuk menjelajah tiga curug ini memang harus lompat ke air. Kalau teman-teman tidak suka atau tidak berani lompat ke air, bisa ambil paket jelajah dua curug atau satu curug saja. Jadi tidak perlu ke curug Priuk yang memiliki medan “wajib terjun bebas”.

Setelah terjun dengan (kurang) elegan, saya menikmati berenang di sekitar curug yang tidak terlalu tinggi ini. Setelah itu, ada bonus body rafting di beberapa spot Curug Priuk. Seru!

Aliran air ini terus menuju ke bawah, ke curug kedua, yaitu Curug Naga. Namun, karena arus deras, kami melanjutkan berjalan kaki menuju curug Naga. Untuk menuju Curug Naga ada beberapa hazard spot yang membuat kita harus ekstra hati-hati. Misalnya turunan seperti ini.

img-20160906-wa0029

img-20160906-wa0030

img-20160906-wa0062

img-20160906-wa0032

img-20160906-wa0033

img-20160906-wa0034

Tiap curug memang memiliki tantangan yang berbeda. Berbeda dari Curug Priuk yang lebih pendek, Curug Naga tingginya hampir 28 meter. Wow banget kan. Perjuanganmu menuju curug ini bakal terbayarkan deh. Karena memang indah banget. Sayangnya karena sibuk main, kami tidak punya foto di curug ini. Hehe.

Nah, di Curug Naga, kita bisa uji adrenalin dengan free falling lagi dengan ketinggian 7-8 meter. Tapi ini opsional. Sehingga yang gak cukup berani, bisa turun dengan cara manual, pakai tali. Setelah melewati spot curug ini, kami kembali menikmati body rafting untuk menuju curug ketiga: Curug Barong.

Perjalanan ke Curug Barong susah-susah gampang, karena harus menyeberangi arus deras. Nah, di Curug Barong, kita bisa loncat lagi dengan ketinggian sekitar 3 meter.

img-20160906-wa0051
Perjalanan menuju Curug Barong

img-20160906-wa0031

img-20160906-wa0048

Menurut saya Curug Barong yang paling bagus. Ini semacam surga tersembunyi gitu. Karena dari luar, curugnya gak kelihatan. Curug ini sangat teduh karena tersembunyi. Tingginya juga mungkin sekitar 20-an meter. Aselik bagusss banget. Ini fotonya seadanya, aslinya lebih bagus. Heheu.

img-20160906-wa0043
Curug Barong
img-20160906-wa0049
Berenanglah sepuasmuu

Oh ya, ternyata di kawasan wisata ini, ada camping ground-nya lhooo. Jadi kita bisa bawa tenda sendiri dan camping ceria terus berenang ke curug.😀

Info Jalan (dengan mobil pribadi):

Dari Jakarta menuju ke Jalan Raya Puncak, lalu Gadok. Lalu, naik terus ke arah Mega Mendung. Sampai ada mesjid hijau Mega Mendung, belok ke kiri. Naik terus sampai ketemu Pusdikreskrim.

Lalu ada gang di sebelah kanan, dengan papan penanda Curug Naga. Naik lagi sampai ketemu training center Bank Mega. Ambil belokan yang ke kanan. Dari Masjid sampai ke curug Naga jaraknya kurang lebih 7 km. Jika tidak macet, dari tol jakarta, perjalanan hanya sekitar 1,5 jam-2 jam.

Tips:

Pakailah celana pendek atau dry pants yang mudah kering, lebih baik jangan celana jeans, soalnya berat kan kalau basah. Pakai sendal gunung, karena kalau pake sendal jepit lumayan licin lho. Lebih baik kalau bawa dry bag untuk menyimpan hp dan barang berharga lainnya, soalnya sepanjang perjalanan akan kena air terus.

***Rate: 4/5

***Kalo ditanya mau kesini lagi atau engga? MAUU LAGI LAGI LAGI!😀

img-20160906-wa0055
Gaya apa sih ini.😛

4 thoughts on “Serunya Menjelajah Tiga Curug: Priuk, Naga, dan Barong!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s