Pengalaman Periksa Payudara di Yayasan Kanker Indonesia

img_20161115_193832

Sudah satu bulan lebih payudara sebelah kiri saya terasa nyeri. Saya rutin periksa payudara sendiri (SADARI) dan tidak pernah mendapatkan benjolan. Namun, untuk memastikannya, saya berinisiatif memeriksakannya di Yayasan Kanker Indonesia (YKI).

Saya dapat rekomendasi dari teman yang sudah pernah periksa di sana. Dua minggu lalu, saya pun ke YKI bersama seorang teman baik.

Kami datang pagi hari, sekitar jam 10. Klinik YKI seperti Puskesmas. Saat itu, tidak terlalu banyak antrian. Kami datang dan mengisi formulir data diri. Tak perlu menunggu lama, saya dan teman saya langsung diperiksa oleh seorang dokter perempuan. Dokternya baik dan ramah sekali. Jadi kami merasa sangat nyaman.

Dokter meraba payudara saya, seperti yang selalu saya lakukan setiap pekan terutama setelah menstruasi. Ternyata dokter menemukan benjolan kecil di payudara kiri. Tetapi, kemungkinan benjolan ini tidak berbahaya.

Ia menerangkan, ada beberapa macam jenis benjolan. Jadi jangan langsung takut jika menemukan benjolan di sekitar payudara. Tidak semua benjolan berbahaya dan berpotensi kanker. Tetapi tetap harus diperiksa.

Dokter bilang, benjolan yang ada di payudara saya kemungkinan kelenjar atau kista sederhana. Penyebabnya bisa karena masalah hormonal biasa, misalnya saat menjelang menstruasi. Jadi, benjolan ini bisa hilang. Benjolan yang kemungkinan berbahaya adalah benjolan yang keras dan jika ditekan tidak bergeser.

10962195_995571783790678_168363478_n
Cara periksa payudara sendiri

Tetapi supaya lebih lega, dokter menganjurkan untuk tetap melakukan USG payudara. Di YKI, USG payudara biasanya harus antre. Sehingga, kita harus reservasi terlebih dahulu. USG harus dilakukan maksimal 10 hari sebelum menstruasi (tidak boleh menjelang mens atau di saat mens).

Saya pun membayar biaya pemeriksaan dokter hari itu sebesar Rp 40.000 saja. Sepekan kemudian, saya datang lagi untuk USG. Reservasi USG bisa dilakukan via telepon. Biayanya Rp 250.000. USG payudara memakan waktu sekitar 10 menit saja. Dan syukurlah hasilnya bagus dan tidak lagi ditemukan lagi benjolan di payudara saya.

Kalau teman-teman belum periksa payudara, ada baiknya periksa dari sekarang. Karena kadang benjolan di payudara tidak kita sadari, bahkan ada juga yang tidak terasa sakit. Di YKI, biayanya lebih terjangkau dan pelayanannya juga cepat dan ramah.

Segala macam deteksi kanker dini bisa dilakukan di YKI, termasuk deteksi kanker serviks dengan pap smear atau vaksin serviks. Ini penting lho untuk perempuan. πŸ˜€

Yuk, periksa!!

****
Alamat lengkap YKI:
Jalan Lebak Bulus Tengah No. 9. Cilandak, Jakarta Selatan 12430

No Telepon: 7690704 – 7507447

Pendaftaran: Jam 8.30-14.00

Info lebih lanjut di http://yayasankankerindonesia.org/

Leave a Reply

